oleh

Aktif & Setia Ber-Pramuka, Walikota Depok Terima Lencana Pancawarsa V

-Headline, Nasional-1.029 views

Siarandepok.Com- Walikota Depok, Mohammad Idris menerima Lencana Pancawarsa V yang disematkan langsung oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat, Dede Yusuf, pada Malam Anugrah Tokoh Pramuka Jawa Barat, di Taman Pesanggrahan Padjajaran (alun-alun Kabupaten Purwakarta), Rabu malam (12/10/2016). Hadir dalam acara tersebut pengurus kwartir gerakan pramuka se-Jawa Barat.

Walikota Depok Mohammad Idris yang juga Ketua Mabicab Kota Depok, berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Nomor 52 Tahun 2016, tanggal 14 Agustus 2016, Perihal Penganugerahan Penghargaan Lencana Pancawarsa Tahun 2016, menerima penghargaan Pancawarsa V atas kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, ketekunan, kesungguhan dan ketertiban sebagai anggota dewasa Gerakan Pramuka dalam menunaikan kewajibannya selama selama 25 tahun.

Walikota Depok, Mohammad Idris terima lencana Pancawarsa V
Walikota Depok, Mohammad Idris terima lencana Pancawarsa V

Malam Anugrah Tokoh Pramuka Jabar diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Pramuka Ke-55 Tahun 2016 Tingkat Provinsi Jawa Barat. Adapun penerima penghargaan sejumlah 24 orang. Penghargaan tersebut terdiri dari jenis penghargaan Melati dengan 4 orang penerima, Darmabakti dengan 6 orang penerima, Pancawarsa V dengan 1 orang penerima, Pancawarsa IV dengan 1 orang penerima, Pancawarsa I dengan 1 orang penerima, Karya Bakti dengan 1 orang penerima, dan Teladan dengan 1 orang penerima. Selain itu juga diberikan piagam penghargaan kecelakaan bertugas dalam karya bakti lebaran, piagam penghargaan penyelamatan yang melahirkan dalam kemacetan lebaran, penghargaan pramuka garuda penegak putera, pramuka garuda penegak puteri, pramuka garuda penggalang putera dan pramuka penggalang puteri.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat, Dede Yusuf menjelaskan dalam peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-55 Tahun ini diberikan penghargaan kepada sosok yang berjasa yang telah berbuat banyak pada gerakan pramuka. “Malam ini kita akan memberikan penghargaan kepada tokoh yang telah berjasa dan berbuat banyak untuk pramuka yang dapat menginspirasi dan kita jadikan contoh,” kata mantan Wagub Jabar. Dalam acara tersebut juga dilakukan pemecahab rekor muri ‘peragaan sandi kentongan pramuka’ oleh 500 orang pramuka. “Kami juga ingin memberikan kontribusi kepada nasional dalam memberikan sandi baru, yaitu sandi kentongan. Terlepas dari sandi yang telah kita kenal sebelumnya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus pramuka, tokoh pramuka, anggota pramuka, atas terselenggaranya acara ini dan juga pemecahan rekor muri,” kata Dede Yusuf.

Sementara itu, Walikota Depok, Mohammad Idris, ditemui usai menerima penghargaan mengatakan bahwa pramuka melahirkan pemimpin bangsa, karena dalam pramuka diajarkan kepemimpinan. Dalam 10 butir Dasa Dharma Pramuka, butir ke 2-10 yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia; patriot yang sopan dan ksatria; patuh dan suka bermusyawarah; rela menolong dan tabah; rajin, terampil dan gembira; hemat cerdas dan bersahaja; disiplin, berani dan setia; bertanggung jawab dan dapat dipercaya; suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan; diikat oleh butir 1 Dasa Darma Pramuka, yakni taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Dasa Dharma butir 2-10, diikat oleh butir 1, yaitu taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, artinya kita tetap mempunyai jiwa, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan ‘disimpulkan’ dengan suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. Jadi ‘simpul’ inilah yang mengunci kita dalam kegiatan sosial kemandirian, kepedulian sosial yang diikat pada ketaqwaan kepada tuhan dan ‘disimpulkan’ dengan kebersihan hati, ketulusan. Maka dari pramuka inilah lahir pemimpin bangsa karena pramuka mengajarkan kepemimpinan,” papar Walikota.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru