Menu

Pemkot Depok Sediakan Operator layanan Telepon Sahabat Anak (TeSA)

  Dibaca : 757 kali
Pemkot Depok Sediakan Operator layanan Telepon Sahabat Anak (TeSA)

Siarandepok.Com- Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok sediakan operatur layanan Telepon Sahabat Anak (TeSA). TeSA ialah salah satu layanan masyarakat yang memberikan perlindungan kepada anak dari tindakan kekerasan baik fisik, psikis maupun seksual. TeSA dapat diakses melalui telepon 1500 664 ext 2.

“Pengaduan masyarakat siap kami terima semisal apabila melihat kejadian atau peristiwa kekerasan terhadap anak baik di rumah, lingkungan sekitar, sekolah, maupun di tempat umum lainnya,” ujar Kepala Seksi Perlindungan Anak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok, Tri Rejeki Handayani, Rabu (28/9/2016).

Selanjutnya, wanita yang akrab disapa Kiki ini menjelaskan bahwa TeSa merupakan media call center sebagai media konsultasi anak untuk melaporkan tindakan kekerasan yang terjadi terhadap anak.

“Saat ini, walaupun tidak terlalu banyak baru ada yang melapor ke TeSa 3 sampai 4 kali/ bulan,” tuturnya.

Menurutnya, pengaduan yang diberikan pun beragam, mulai dari pengaduan terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang terjadi pada tetangganya, hingga kejadian kekerasan terhadap anak. Umumnya yang melapor pun bukan korban langsung.

“Siapa saja bisa melapor, baik itu tokoh masyarakat, Ketua RT/RW, Pendidik/Guru, Ulama, Masyarakat umum, Orangtua/wali, anak, maupun teman,” ucapnya.

Dari pengaduan yang masuk, tambahnya, penelepon akan diarahkan untuk datang langsung ke Kantor BPMK atau ke Kantor Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Depok.

“Pengaduan langsung di kantor P2TP2A sudah ada psikolognya juga. Selain itu, kami juga sudah mulai mengadakan kerjasama dengan Universitas Indonesia dalam pendampingan hukum bagi para korban kekerasan seksual baik pada parempuan dan anak,” tuturnya mengakhiri.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional