Menu

KemKominfo Peringati Hari Hak Untuk Tahu Sedunia di UI Depok

  Dibaca : 374 kali
KemKominfo Peringati Hari Hak Untuk Tahu Sedunia di UI Depok

Siarandepok.Com- Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Dra. Rosarita Niken Widiastuti, MSi membuka Seminar “Keterbukaan Informasi Publik Menjamin Kualitas Hidup yang Lebih Baik”, di Universitas Indonesia. Rabu (28/09/2016). Seminar diisi oleh Tenaga Ahli Ditjen IKP Kemkominfo Dr. Drs. Ismail Cawidu M.Si, akademisi UI Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M. dan Komisioner Komisi Informasi Pusat Dra. Henny Supriyati Widyaningsih M.Si.

“Berdasarkan UUD 1945, semua lembaga yang beroperasi dengan anggaran Pemerintah wajib membuka informasinya kepada publik demikian juga akses untuk mengetahui kinerja pemerintah yang di atur Undang-undang Dasar 1945 pasal 28 F,” terang Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Dra. Rosarita Niken Widiastuti, MSi yang pagi tadi membuka kegiatan tersebut.

Niken Widiastuti menjelaskan, perlunya peserta diingatkan bahwa setiap masyarakat memiliki hak untuk meminta dan mendapatkan informasi dari semua lembaga Pemerintah. Namun, Niken juga mengingatkan pentingnya memilih dan memilah informasi yang diterima. check and recheck perlu dilakukan ketika sebuah informasi akan diviralkan di berbagai kanal komunikasi, khususnya media sosial yang memungkinkan penyebaran informasi dengan sangat cepat.

Pemahaman yang holistik atas hak terhadap informasi publik ini dikatakan Niken dapat meminimalisir terjadinya pemanfaatan informasi untuk kepentingan yang tidak sesuai dengan azas dan semangat dari Keterbukaan Informasi Publik. Apalagi, komponen produsen informasi dan saluran komunikasi kian beragam.

“Mulailah berpikir secara holistik, bukan parsial”, tambahnya.

Dirinya juga menuturkan, bahwa perilaku masyarakat yang saat ini cenderung memiliki sifat ingin serba tahu juga bisa memberikan dampak yang positif terhadap Pemerintah. Masyarakat dapat memberikan saran kepada Pemerintah dengan dilandasi data fakta dan juga solusi.

“Diharapkan masyarakat bisa  pro aktif dan bertanya serta menyampaikan informasi juga kepada pihak Pemerintah,” tutupnya.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional