Menu

Hadirkan Walikota Depok Mohammad Idris, FIB UI Teliti Budaya Pesantren

  Dibaca : 435 kali
Hadirkan Walikota Depok Mohammad Idris, FIB UI Teliti Budaya Pesantren

Siarandepok.Com– Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia mengadakan Talk Show Nasional Studi Budaya Pesantren dan bedah buku Trimurti Gontor, Jum’at Siang (23/09/2016) tadi. Hadir dalam acara tersebut antara lain Walikota Depok Mohammad Idris sebagai salah satu Narasumber.

Acara yang berlangsung dalam dua sesi tersebut dipenuhi oleh peserta yang antusias ingin mengetahui budaya pesantren serta kajian Bedah Buku Trimurti.

Background acara Bedah buku

Walikota Depok Mohammad Idris dalam kalimat pembukanya sebagai Pembedah buku, mengajak audiens untuk Flash Back kembali pengalaman beliau saat menjadi Santri di Pondok Modern Gontor sejak tahun 1974 dan Lulus tahun 1980, dimana dalam periode 6 tahun tersebut Mohammad Idris aktif mengikuti organisasi Pondok dan pernah merasakan di bimbing langsung oleh 2 Kyai dari trimurti yaitu KH. Ahmad Sahal dan KH. Imam Zarkasyi.

Menurut Walikota Depok, Mohammad Idris dirinya belajar banyak hal dari Trimurti diantaranya yaitu ; belajar bahwa keikhlasan kiai (baca: pemimpin) dipadu dengan ikhlasnya santri (masyarakat/ pendukung) mampu menggelorakan tekad dan semangat berkhidmat untuk memengaruhkan kebaikan dan perubahan positif pada taraf kehidupan rakyat dan umat.

Masih menurut Walikota Depok, Mohammad Idris itulah sebabnya mengapa Trimurti Gontor mengajarkan 4 prinsip hidup yaitu : Budi Pekerti (yang dasarnya ikhlas), Pengetahuan Luas (ikhlas dan kerja keras tanpa pengetahuan berbahaya),  Badan sehat (lahir batin.  -WHO-); untuk menjaga stabilitas kerja kerja pengabdian dan Berpikiran Bebas (bebas dengan norma dan etika).

Dengan 4 prinsip inilah, insya Alloh kita bisa MENGABDI dan EKSIS sebagaimana yg diterangkan teori Maslow: PENGABDIAN dan EKSISTENSI. Bahkan sebenarnya dan sejujurnya MASLOW lah yg belajar dari Islam yg disampaikan oleh TRIMURTI tentang teori politik. Tutup Walikota Depok Mohammad Idris dalam membedah buku Trimurti Gontor Tersebut.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional