Menu

Dinkes Kota Depok Siap Sedia Vitamin A

  Dibaca : 605 kali
Dinkes Kota Depok Siap Sedia Vitamin A

Siarandepok.Com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Noerzamanti Lies Mengatakan, Dalam menyambut Bulan Penimbangan Balita, secara cuma cuma Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyediakan vitamin A, obat cacing serta vaksinasi campak bagi masyarakat.

Lies mengatakan, vitamin A diberikan untuk bayi dan balita usia 6-59 bulan. “Bayi usia 6-11 bulan diberikan Vitamin A kapsul biru (dosis 100.000 IU), dan  Balita usia 12-59 bulan diberikan Vitamin A kapsul merah (dosis 200.000 IU),” kegiatan ini berlansung di Gedung Dibaleka II, Kota Depok, Rabu (10/8).

Selanjutnya Lies memaparkan, vitamin A merupakan zat gizi yang penting (essensial) bagi manusia. Zat gizi ini, lanjut dia, tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar.

“Sebagian besar Makanan sumber vitamin A berasal dari produk hewani seperti daging, telur, susu dan hati. Sedangkan produk nabati yang mengandung vitamin A terutama sayur-sayuran berwarna seperti wortel, bayam, kol, brokoli, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat dan kacang polong,” jelasnya.
Lies memaparkan, pemberian dosis vitamin A tidak boleh berlebihan. Sebab, lanjutnya, jenis vitamin A, D, E, dan K adalah jenis vitamin yang tidak dapat larut dalam air dan hanya bisa larut dalam lemak. “Karena mengalir di dalam lemak, maka jika ini berlebihan bisa mengakibatkan kelainan,” ujar Lies.

Lies menuturkan, pemberian vitamin A kepada para balita ini akan dilakukan oleh para kader posyandu. “Ini cuma cuma dan hanya ada di posyandu dan beberapa puskemas saja. Untuk rumah sakit tidak ada,” ujar Lies.

Sedangkan untuk vaksinasi campak, diberikan kepada anak berumur 6-7 tahun yang masih duduk di Sekolah Dasar. Vaksinasi campak pada usia ini merupakan booster dari vaksinasi campak sebelumnya yakni saat anak berusia sembilan bulan.Perlindungan vaksinasi campak di usia ini merupakan perlindungan yang bisa mencapai 100 persen agar anak tak terkena penyakit campak.

“Tak perlu takut vaksin campak dari Kementrian Kesehatan ini aman dari vaksin palsu, Harapan kami para orangtua dapat persuasif dan mengizinkan membawa anaknya untuk segera vaksin campak.,” tutur lies akhiri.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional