Menu

Mudik Gratis Warga Depok, bagaimana caranya?

  Dibaca : 632 kali
Mudik Gratis Warga Depok, bagaimana caranya?

Siarandepok.Com – Setelah 2 Tahun sebelumnya melakukan Mudik Gratis, Tahun ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok kembali membuka pendaftaran mudik gratis bagi warga Depok dalam rangka merayakan Idul Fitri 2016. Pendaftaran ini dimulai sejak Senin (16/5/2016) hingga Minggu (12/6/2016).

Mudik gratis ini diprakarsai Oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Jasa Raharja, Bulog, serta dibantu Pemerintah Kota Depok. Mudik gratis ini, dikhususkan bagi warga Depok, yang ingin mudik ke kampung halamannya dengan mengendarai sepeda motor.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, mudik gratis bagi pemotor warga Depok ini bertujuan mengurangi angka kecelakaan pemudik, yang mengendarai sepeda motor. Menurut Gandara, warga yang ingin mendaftarkan diri ikut mudik gratis ini bisa mendatangi Kantor Terminal Bus Kota Depok di Jalan Margonda. “Pendaftaran akan dibuka setiap hari,” katanya.

Tahun ini, ada 9 kota tujuan mudik gratis, atau bertambah 1 kota dibandingkan dengan tahun lalu. Ke-9 kota tujuan mudik gratis itu adalah Tegal, Purwokerto, Semarang, Kebumen, Wonosobo, Yogyakarta, Magelang, Wonogiri, dan Solo.

Gandara mengatakan, syarat untuk dapat mengikuti mudik gratis dari Depok ini adalah memiliki identitas diri, seperti KTP, kartu keluarga, STNK atau SIM. Selain itu, sepeda motor harus dalam keadaan orisinal dan layak jalan. Kemudian STNK dan pajak kendaraan motor dalam keadaan hidup atau telah dilunasi.

Selain itu Pemkot Depok juga akan membuka stand pendaftaran mudik gratis saat gelaran car free day di Kampus UI, tepatnya di dekat Balairung UI, setiap akhir pekan.

“Juga di beberapa Kecamatan serta di Pasar Agung di Jalan Proklamasi,” kata dia.

“Nanti motor yang diangkut truk, bisa diambil di terminal-terminal di kota tujuan pemudik. Semuanya gratis dan tidak dipungut biaya,” sambung dia.

Kepala UPT Terminal Depok, Reynold, menuturkan pendaftaran mudik gratis ini dibuka dengan sistem online dan offline. Untuk sistem online, warga dapat mendaftar melalui internet di situs Kemenhub. Setelah itu, data warga akan divalidasi kembali oleh petugas penerima berkas di Terminal Depok, dengan memeriksa kelengkapan berkas dan syarat.

Sementara itu, dengan sistem offline, calon pemudik datang langsung ke lokasi pendaftaran, yaitu Kantor Terminal Depok dengan membawa semua persyaratan.

Adapun untuk arus balik mudik gratis ke Terminal Depok,  Kemenhub menetapkan tiga titik keberangkatan yaitu Semarang, Yogyakarta, dan Solo Tutup Reynold.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional