Menu

DKUP Permudah Pembuatan Sertifikat PIRT

  Dibaca : 377 kali
DKUP Permudah Pembuatan Sertifikat PIRT

Siarandepok.Com – Dalam Rangka membantu UMKM yang ada di Kota Depok, Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar (DKUP) akan turut memfasilitasi kepengurusan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) kepada para pelaku usaha UMKM di Depok.

Kepala Bidang UMKM DKUP Kota Depok, Rina Fitriyani mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas kesehatan mengenai hal kepengurusan Sertifikat PIRT.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan mengenai hal ini,” ujarnya.

perlu diketahui bahwa kepengurusan Sertifikat PIRT ini memang merupakan ranah Dinas Kesehatan (Dinkes), karena sebelum mendapatkan sertifikat ini para pelaku usaha terlebih dahulu dilatih atau diberikan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP). Kepemilikan Sertifikat PIRT ini sendiri memungkinkan pelaku usaha pangan mendapatkan nomor PIRT yang akan dicantumkan pada kemasan produk.

“Nomor tersebut akan menjadi jaminan atau kepercayaan bagi calon konsumen, toko atau supermarket terhadap produk yang mereka tawarkan,” tambahnya.

Rencananya DKUP akan mengajukan Anggaran Biaya Tambahan (ABT) pada pertengahan tahun ini, Pengajuan ABT ini selain untuk memfasilitasi pengajuan PIRT juga untuk mengadakan pembinaan serta kegiatan lain yang berhubungan dengan UMKM. Kegiatan-kegiatan tersebut juga dilaksanakan atas masukan dan saran dari para UMKM yang diberikan kepada pihak DKUP.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional