Menu

Pemkot Depok : ” tidak ada petugas yang lakukan pungli “.

  Dibaca : 418 kali
Pemkot Depok : ” tidak ada petugas yang lakukan pungli “.

Siarandepok.com- Pemkot Depok melalui Disdukcapil memberikan perhatian penuh terhadap banyaknya Keluhan Masyarakat Kota Depok atas pelayanan pembuatan e-KTP, Kartu Keluarga (KK) serta akta lahir baik dikelurahan atau kecamatan. bahkan berhembus isu warga dimintai sejumlah uang  tertentu agar pembuatan administrasi kependudukan cepat selesai.

Kepala Seksi Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Jaka Sutanta menuturkan tidak ada petugasnya yang melakukan pungli apapun seperti permintaan uang atas pembuatan e-KTP, KK, akta lahir atau bahkan Kartu Identitas Anak (KIA).
Jaka memastikan semuanya gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun, jika ada pemungutan diduga ada pihak lain diluar petugasnya yang memintai uang kepada warga untuk layanan pembuatan itu.

Karenanya ia mengimbau Masyarakat Kota Depok untuk mengurus sendiri pembuatan administrasi kependudukan dan tidak menyuruh orang lain agar bebas biaya dan gratis. Selain itu pengurusan sendiri juga justru relatif bisa lebih cepat dibandingkan melalui pihak lain. “Jadi dipastikan itu semua gratis jika diurus sendiri oleh warga dan dilakukan petugas kami,” kata Jaka, Senin (18/4/2016).

Kondisi dilapangan,terkadang banyak warga mengeluh ketika dimintai biaya pengurusan namun setelah diselidiki itu dilakukan pihak lain atau calo. Sebelumnya sejumlah warga di Kelurahan Jatijajar, dan Kelurahan Pancoran Mas, mengeluhkan adanya oknum petugas kelurahan yang melakukan pungli kepada warga dalam pengurusan e-KTP, KK dan akta lahir.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Depok Misbahul Munir meminta kepada masyarakat untuk melaporkan jika ada petugas yang meminta bayaran. Namun, harus jelas siapa yang melakukan pungli serta di lokasi mana pungli tersebut dilakukan.

“Harus jelas siapa dan dimana pungli itu dilakukan, biar kami bisa menindak langsung,” ujarnya.

Sesuai amanat UU no. 24 tahun 2013, pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil tidak dipungut biaya alias gratis. Untuk itu, jika ada petugas dinas maupun petugas kelurahan yang melakukan pungutan agar segera dilaporkan lengkap berikut namanya kepada kepala Disdukcapil.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional