Menu

Kota Depok Membebaskan Pengamen Berekspresi, Ini Syaratnya

  Dibaca : 401 kali
Kota Depok Membebaskan Pengamen Berekspresi, Ini Syaratnya

 

DEPOK, SiaranDepok.com – Pemerintah Kota Depok senantiasa berencana mengakomodir para pengamen jalanan untuk diberikan ruang berekspresi. Hal tersebut dengan memfasilitasi para pengamen agar tidak berkeliaran di jalanan lagi.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok Nina Suzanna menjelaskan pihaknya tengah melakukan penjajakan dengan lembaga Institut Musik Jalanan (IMJ) untuk menerbitkan kartu identitas bagi pengamen.

Kartu tersebut semacam izin bagi para pengamen untuk mengamen asalkan di lokasi yang ditunjuk.

“Khawatirnya kan memang para pengamen yang bersenjata tetapi kami terus lakukan penjangkauan, diarahkan dan dilatih. Kartu mengamen akan diberikan bagi para pengamen untuk mengamen di tempat yang ditunjuk,” ucap Nina di Balai Kota Depok, Kamis Pagi (31/3/2016).

Nina menjelaskan, tempat yang ditunjuk misalnya tempat umum yang bekerjasama dengan Pemkot Depok seperti mal ataupun rumah makan. Namun, ia menegaskan tidak semuanya dapat memperoleh kartu tersebut, tetapi harus lolos seleksi.

“Tentu selektif kita lihat, tentu yang punya kartu boleh ngamen di tempat yang ditentukan, misalnya di kafe dan lainnya. Ini masih rencana,” ungkap Nina.

Selain pengamen, Satpol PP Depok juga mengantisipasi maraknya pengemis yang mengeksploitasi anak dengan cara memberikan obat tidur kepada anak-anak balita untuk ikut mengemis.

Ia meminta, agar masyarakat tidak memberi uang kepada para pengemis justru akan memperkaya dan membuat pengemis menjadi malas.

“Jangan memberikan uang pada pengemis, memang ada perdanya tipiring tetapi kan memang tidak semua sanggup langsung setor hari itu juga denda Rp1 juta kepada negara. Ini jadi beban kita,”pungkasnya.

 

Editor : Hafyz

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional