Menu

Berhentilah Memimpikan Papua Merdeka

  Dibaca : 300 kali
Berhentilah Memimpikan Papua Merdeka

Siarandepok.com – Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan kerangka utama yang mendasari pembentukan bangsa dan negara Republik Indonesia. Negara kesatuan tersebut terbentuk dari keberagaman budaya dan bahasa yang tersebar dari sabang sampai marauke. Maka sudah selayaknya setiap unsur masyarakat Indonesaia berkumpul dan bersatu demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang telah menyatukan diri dalam bingkai NKRI. Peningkatan kesejahteraan tersebut tentu harus dilakukan tanpa pandang ‘bulu”, suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Hal ini disebabkan karena setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama, hak dalam bidang ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan dan keamanan. Hak-hak tersebut pun telah dijamin oleh Pancasila dan UUD 1945 yang menjadi pedoman dan aturan hidup seluruh masyarakat berbangsa dan bernegara.

Atas dasar jaminan UUD 1945 tersebutlah, maka pemerintah memiliki kewajiban untuk terus berupaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan yang tidak hanya terlintas saat kampanye pilkada, pilleg maupun pilpres. Namun, harus menjadi bukti konkrit atas keberadaanya sebagai negarawan. Tanpa bermaksud mengacuhkan keberadaan daerah-daerah lain di Indonesia, yang tersebar dari sabang sampai marauke. Dengan kekayaan dan ciri khas daerahnya masing-masing. Namun, kiranya daerah yang perlu mendapat perhatian lebih baik oleh masyarakat maupun Pemerintah adalah Tanah Papua.

Tanah Papua merupakan aset yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia. Mulai dari kekayaan masyarakatnya, kebudayaannya hingga Sumber Daya Alamnya. Hal ini tentu patut kita syukuri sebagai kekayaan yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Karena keberadaan Papua bukan hanya menjadi simbol kenusantaraan Indonesia, namun juga menjadi bukti betapa megahnya Indonesia kita. Kelemahan kita menjaga Papua akan menjadi senjata bagi negara lain untuk menghancurkan kenusantaraan Indonesia ini.

Namun, disamping itu beberapa hari ini pemberitaan-pemberitaan tentang Papua ramai di beritakan di media massa beberapa waktu lalu, yakni ada 10 eks Tentara Pembebasan Nasional/ Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) anak buah Goliat Tabuni yang bermarkas di Tingginambut, Puncak Jaya, Papua, “turun gunung” mendukung NKRI dan igin membangun daerahnya, Jumat (29/1/2016). “Turun Gunung”nya eks Tentara Pembebasan Nasional/ Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) merupakan salah satu hal yang penting dan menarik untuk dibahas, karena selain atas kesadaran sendiri tanpa tekanan, mereka mengakui bahwa Pemerintah Indonesia telah menaruh perhatian besar membangun  Papua dan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada orang Papua untuk maju bersama seperti daerah lainnya serta aklan mengajak kepada rekan-rekan yang masih tergabung dalam OPM lainnya untuk bersama membangun Papua.

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional